Thursday, January 9, 2014

Pencegahan diabetes melitus


Banyak sekali penderita penyakit diabetes yang gagal ditangani medis hingga mengarah pada hilangnya jiwa seseorang. Penyakit ini memang cepat penyebaranyya, jika sudah dalam stadium tinggi, diabetes akan mengakibatkan beberapa organ dalam tubuh penderita akan mengalami kerusakan. Seperti organ jantung, mata, kaki, ginjal, dan kulit.
Sebelum diabetes menjalar kepada organ lainnya, dan akan membawa kepada penyakit komplikasi yang lebih mematikan dibandingkan dengan penyakit diabetes. Sudah banyak sekali kasus penyakit diabetes yang pada akhirnya menjalar pada organ lain dan timbul penyakit komplikasi. Sebelum terlambat dalam melakukan penanganan penyakit diabetes, setelah mengetahui gejala penyakit diabetes segeralah Anda melakukan konsultasi terhadap dokter atau ahlinya. Adapun beberapa gejala yang timbul diantaranya, merasa cepat lelah, lemas, sering buang air kecil dalam jumlah banyak, dan cepat merasa haus.

Setelah mengetahui beberapa gejala mengenai diabetes, sekarang menuju bagaimana cara melakukan pencegahannya. Ada beberapa cara untuk pencegahan diabetes melitus.
•    Olahraga.
Olahraga merupakan alktifitas yang bisa membantu untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.
•    Mengkonsumsi buah-buahan.
Ada beberapa buah-buahan yang dilarang dan diperbolehkan untuk pengidam diabetes. Buah buahan yang mengandung banyak serat, vitamin, kandungan lemak sehat, dan potasium. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan zat tersebut, akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes, mengontrol dan menjaga keseimbangan kadar gula darah yang ada dalam tubuh agar tidak meningkat.
•    Mengontrol pola makan.
Pola makan sehat atau sering disebut dengan diet merupakan salah satu solusi untuk melakukan pencegahan penyakit diabetes. Setelah seseorang terkena diabetes pola makan akan ada batasannya. Pengidam diabetes hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin C, potasium dll. Seperti gandum, beras merah, bayam dll.

Dari penjelasan mengenai pencegahan diabetes melitus di atas, kita bisa melakukan pencegahan sejak dini jika, dalam diri Anda sudah terdapat ciri-ciri dari gejala penyakit diabetes. Selain itu, bagi Anda yang memiliki keturunan atau genre keluarga yang mewarisi penyakit diabetes, segeralah melakukan pencegahan dan sesering mungkin mengontrol kadar gula serta konsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam. Hal ini ditujukan agar Anda bisa terhindar dari penyakit mematikan tersebut. 

No comments:

Post a Comment