Saturday, April 5, 2014

Diet diabetes melitus

Diabetes melitus merupakan penyakit yang disebabkan adanya kelainan metabolik pada tubuh manusia yang dipicu oleh meningkatnya kadar gula darah yang ada pada tubuh. Penyembuhan penyakit diabetes dikenal cukup sulit dalam penanganannya. Selain ditangani oleh medis, penderita harus mematuhi pola makan untuk membantu proses penyembuhannya. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk melakukan diet diabetes melitus.
Diet diabetes melitus memiliki tujuan untuk mempertahankan kadar keseimbangan glukosa sepaya mendekati normal, menghindarkan penderita pada komplikasi akut, memberikan asupan energi untuk menjaga kenormalan kondisi berat badan, mencapai dan mempertahankan kadar lipida serum normal, serta membantu penderita dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan ,elalui gizi yang optimal. Berikut ini ada beberapa aturan mengenai diet diabetes melitus yang harus dilakukan oleh penderita kencing manis atau diabetes.
•    Makanan yang perlu dihindari.
Bagi penderita diabetes memang harus membatasi kadar kandungan zat yang ada dalam makanan yang dikonsumsinya diantaranya adalah makanan yang mengandung gula sederhana seperti gula pasir, sirup, gula merah, jely, susu kental manis, es krim dan minuman kemasan botol. Selain itu, juga menghindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti cake, makanan siap saji, dan gorengan.
•    Makanan yang diperbolehkan.
Makanan yang diperbolehkan bagi penderita diabetes adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, dikarenakan karbohidrat tersebut dapat membantu penderita untuk memperlambat kadar glukosa yang akan mencampur pada darah. Makanan sumber protein rendah lemak juga menjadi salah satu pilihan yang tepat seperti ikan, ayam tanpa kulit, susu, tempe, dan kacang-kacangan.
•    Cara mengatur diet.
1.    Makanlah makanan yang sudah ditentukan atau sudah disesuaikan dengan jumlah dan pembagian makanan yang ditentukan oleh ahli gizi.
2.    Makanlah banyak sayuran sesuai dengan sayuran yang telah dikelompokkan. Sayuran A boleh dimakan sekehendak, sayuran B, hanya dimakan menurut jumlah yang ditentukan.
3.    Semua buah boleh dimakan menurut aturan
4.    Hindari konsumsi makanan dan minumam yang mengandung komposisi gula murni
5.    Periksalah kadar gula secara teratur
6.    Perbanyak aktifitas fisik dan olahraga secara teratur.
Dari beberapa langkah diet diabetes melitus di atas, akan membantu Anda dalam menyeimbangkan kadar gula darah yang tidak normal atau menyeimbangkan peningkatan gula darah. Selalu lakukan konsultasi pada spesialisnya untuk memberikan referensi tambahan dan membantu memaksimalkan proses penyembuhan diabetes.

No comments:

Post a Comment