Wednesday, June 4, 2014

Akibat diabetes melitus

Penyakit diabetes merupakan penyakit dimana seseorang mengalami gangguan metabolik dan ketidakseimbangan kadar gula darah dalam tubuh. Timbulnya suatu penyakit dalam diri seseorang pastinya dipicu oleh sebab dan akibat. Sebelum mengetahui akibat apa saja yang akan menjadi resiko seseorang mengidam penyakit diabetes, kita pahami terlebih dahulu sebab mulanya penyakit diabetes tersebut menyerang penderita.
Dari kebanyakan kasus yang terjadi di Indonesia, penyakit diabetes disebabkan seseorang malas bergerak, yaitu gaya hidup pasif jarang melakukan aktifitas dan berolah raga. Kedua, banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti minuman bersoda, roti, cake, dan sirup. Ketiga, kurang mengatur pola kebiasaan tidur, sering begadang bisa mempengaruhi metabolisme gula didalam tubuh menjadi tidak normal. Keempat, kebiasaan merokok. Merokok tidak hanya menyerang paru-paru dan jantung, melainkan juga bisa merusak pankreas dan hati. Yang nantinya akan mempengaruhi hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas.

Nah, setelah kita mengetahui penyebabnya, kita lanjutkan untuk mengulas mengenai akibat diabetes melitus. Diabetes yang menahun akan memberikan akibat munculnya penyakit pada organ lain, organ tubuh manakah yang rentan terserang sebagai dampak penyakit diabetes?
•    Kaki.
Pada penderita diabetes, sering sekali pada bagian kaki mengalami infeksi yag disebabkan sirkulasi darah yang buruk akibat pembuluh darah pada kaki menyempit. Terkadang kaki juga bisa diamputasi jika diabetes sudah menjalar dan pada tingkat stadium tinggi.
•    Jantung.
Diabetes pada umumnya menyebabkan sirkulasi darah akan memburuk, sehingga bisa mempengaruhi tekanan darah dan gangguan pada jantung. Akibat gangguan tersebut salah satunya adalah penyakit Stroke.
•    Ginjal.
Ginjal yang berfungsi memfilter dan menyaring darah, dengan banyaknya kadar gula dalam darah, akan membuat ginjal manusia bekerja lebih ekstra. Kerja ekstra ginjal dalam tempo yang lama akan mengakibatkan penyakit gagal ginjal.
•    Mata.
Dengan kadar gula darah yang ada dalam tubuh terus berubah-ubah, akan menyebabkan timbuknya masalah pada keseimbangan cairan lensa mata dan rusaknya saraf mata.

Dengan menyimak isi dari ulasan artikel di atas, kita bisa mengenali sebab dan akibat dari penyakit diabetes. Dengan mengenali sebab dan akibat diabetes melitus, jika terdapat tanda-tanda muncul pada diri Anda, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter spesialis. Hal ini ditujukan untuk melakukan pencegahan bagi Anda untuk terkena penyakit diabetes atau kencing manis.

No comments:

Post a Comment