Wednesday, June 4, 2014

Buah untuk penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang semua golongan. Sebagian warga berpendapat bahwa diabetes hanya menyerang seseorang pada usia lanjut, usia diatas 40 tahun. Jika ditelaah lebih lanjut, dengan banyaknya kasus yang terjadi di dunia, diabetes bisa menyerang seseorang pada usia muda. Dari beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, seseorang terkena penyakit diabetes akibat faktor keturunan.
Faktor keturunan memang kerap sekali menjadi pemicu utama seseorang terkena penyakit diabetes, bukan hanya penyakit ini, banyak penyakit lainnya yang berbahaya juga dipicu oleh faktor keturunan. Genre dari bawaan orang tua kebanyakan memang menurun kepada anak cucu, bukan hanya penyakit, sifat dan kebiasaan juga sedikit banyak akan menurun kepada mereka yang masih memiliki hubungan darah.

Untuk mengobati berbagai penyakit diabetes memanglah membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pola makan dan pola hidup sehat harus selalu diterapkan. Pada pola makan misalnya, seseorang pengidam diabetes kebanyakan masih ragu untuk mengkonsumsi buah-buahan, pastinya ada beberapa buah untuk penderita diabetes yang akan memenuhi kebutuhan serat, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Dalam paragraf berikut ini akan menjelaskan beberapa buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

•    Apel. Apel memiliki beberapa kandungan yang cocok untuk penderita diabetes, dalam buah apel terdapat kandungan zat pektin yang terbukti untuk menurunkan kebutuhan insulin penderita diabetes, buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain zat pektin, apel juga mengandung serat, vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.
•    Jeruk. Dalam buah jeruk terkandung naringenin yang membantu menyeimbangkan insulin dan kadar glukosa dalam darah, jeruk juga mengandung tinggi serat dan vitamin C yang akan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.
•    Ceri. Dalam buah ceri terkandung anthocyanin yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin hingga 50%.  Selain itu, ceri juga mengandung serat, vitamin C, kalium, magnesium, besi, dan juga float yang membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.
•    Pir. Buah pir memiliki banyak manfaat, terutama untuk penyakit diabetes. Pir membantu penderita diabetes untuk meningkatkan kadar gula darah, membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
•    Kiwi. Buah kiwi mengandung serat yang bisa membantu sistem pengontrolan kadar gula dan menurunkan kolesterol. Vitamin yang terkandung dalam buah kiwi akan memberikan perlindungan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dalam tubuh.

Dari beberapa ulasan mengenai topik buah untuk penderita diabetes, bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes tidak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin dan serat yang ada pada buah akan membantu Anda dalam proses penyembuhan. Untuk memperoleh hasil maksimal dalam proses pengobatan, lebih baik jika didampingi dengan melakukan konsultasi pada dokter yang ahli dalam menangani penyakit diabetes. Semoga uraian isi dalam artikel ini memberikan manfaat bagi para pembacanya.

No comments:

Post a Comment